Mengenal Para Ulama Pembaharu
dalam Islam
بسم الله الرحمن
الرحيم
Dalam sebuah hadith yang shahih dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahawa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“إِنَّ اللَّهَ
يَبْعَثُ لِهَذِهِ الأُمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَهَا
دِينَهَا”
“Sesungguhnya Allah akan mengutus
(menghadirkan) bagi umat ini (umat Islam) orang yang akan memperbaharui
(urusan) agama mereka pada setiap akhir seratus tahun.” [1]
Erti
“memperbaharui (urusan) agama” adalah menghidupkan kembali dan menyerukan
pengamalan ajaran Islam yang bersumber dari petunjuk Al-Quran dan Sunnah
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah
ditinggalkan manusia, iaitu dengan menyebarkan ilmu yang benar, mengajak
manusia kepada tauhid dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam, serta memperingatkan mereka untuk menjauhi perbuatan syirik dan
bid’ah. [2]
Perhitungan
akhir seratus tahun dalam hadith ini adalah dimulai dari waktu hijrah
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Mekkah ke
Madinah. [3]
Sabda
beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang ertinya), “…Orang
yang akan memperbaharui (urusan) agama…,” tidak menunjukkan bahwa mujaddid di
setiap akhir seratus tahun hanya satu orang, tapi mungkin saja pada waktu
tertentu lebih dari satu orang, sebagaimana yang diterangkan oleh Imam Ibnu
Hajar dan para ulama lainnya. [4]
Dalam hal
ini, Imam Ahmad bin Hambal berkata, “Sesunguhnya Allah akan menghadirkan bagi
umat manusia, pada setiap akhir seratus tahun, orang yang akan mengajarkan
kepada mereka sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang
banyak telah ditinggalkan manusia) dan menghilangkan/memberantas kedustaan dari
(hadith-hadith) Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam.” [5]
Para ulama
telah menyebutkan nama-nama para imam ahlus sunnah yang memenuhi kriteria untuk
disebut sebagai mujaddid (pembaharu) dalam Islam, berdasarkan
pengamatan mereka terhadap sifat-sifat mulia para imam tersebut.
Dalam
tulisan ini, kami akan menyebutkan beberapa di antara para imam tersebut,
beserta sekelumit dari biografi mereka.
Pertama,
Umar bin Abdil Aziz bin Marwan bin Hakam Al-Qurasyi Al-Umawi Al-Madani
Beliau
adalah khalifah yang tersohor dengan keshalihan dan keadilannya, amirul
mukminin, imam tabi’in yang mulia, penghafal hadith yang utama dan terpercaya.
Lahir pada tahun 64 H dan wafat pada tahun 101 H.
Ibunya
adalah cucu sahabat yang mulia Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu,
namanya Hafshah bintu ‘Ashim bin Umar bin Khattab. [6]
Beliau
diserupakan –dalam keadilan dan kelurusan akhlak– dengan kakek beliau Umar bin
Khattab radhiyallahu ‘anhu, –dalam sifat zuhud– dengan Hasan Al-Bashri, dan
–dalam ketinggian ilmu– dengan Imam Az-Zuhri. [7]
Imam
Asy-Syafi’i memuji beliau dengan mengatakan, “Al-Khulafa’ Ar-Rasyidun (khalifah-khalifah
yang mendapat petunjuk dan bimbingan Allah Subhanahu wa Ta’ala) ada
lima orang: Abu Bakar, Umar, Uthman, Ali, dan Umar bin Abdil Aziz.” [8]
Para ulama
ahlus sunnah telah bersepakat untuk menobatkan beliau sebagai mujaddid (pembaharu)
pertama dalam Islam. [9]
Imam Ahmad
bin Hambal berkata, “Sesunguhnya Allah akan menghadirkan bagi umat manusia,
pada setiap akhir seratus tahun, orang yang akan mengajarkan kepada mereka
sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang
banyak telah ditinggalkan manusia) dan menghilangkan/memberantas kedustaan dari
(hadith-hadith) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian,
kami melihat (meneliti sejarah), maka (kami dapati pembaharu) pada akhir
seratus tahun pertama (hijriyah) adalah Umar bin Abdil Aziz, dan (pembaharu)
pada akhir seratus tahun kedua adalah Imam Asy-Syafi’i.” [10]
Kedua,
Imam Asy-Syafi’i (Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin bin Al-Abbas bin Utsman
Al-Muththalibi Al-Qurasyi Al-Makki)
Beliau
adalah imam besar dari kalangan atba’ut tabi’in (murid para tabi’in), pembela
sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ahli fikih yang
ternama, penghafal hadith yang utama dan terpercaya. Lahir pada tahun 150 H dan
wafat pada tahun 204 H. Nasab beliau bertemu dengan nasab Rasulullahshallallahu
‘alaihi wa sallam. [11]
Imam
Qutaibah bin Sa’id memuji beliau, dengan mengatakan, “Kematian Imam Syafi’i
bererti kematian sunnah Rasulullah.” [12]
Imam Ahmad
bin Hambal berkata, “(Kedudukan) Imam Syafi’i (di zamannya) adalah seperti
matahari bagi bumi dan sebagai penyelamat bagi umat manusia.” [13]
Para ulama
ahlus sunnah juga telah bersepakat untuk menobatkan beliau sebagai mujaddid (pembaharu)
kedua dalam Islam. [14]
Imam Ahmad
berkata: “…(Pembaharu) pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah) adalah Imam
Asy-Syafi’i.” [15]
Imam Ibnu
Hajar berkata, “Beliau adalah mujaddid (pembaharu) urusan
agama Islam pada akhir seratus tahun kedua (hijriyah).” [16]
Ketiga,
Hasan Al-Bashri (Abu Sa’id Al-Hasan bin Abil Hasan Yasar Al-Bashri)
Beliau
adalah imam besar dari kalangan tabi’in, syekhul Islam, sangat
terpercaya dalam meriwayatkan hadith Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam. Lahir pada tahun 22 H dan wafat 110 H. [17]
Beliau
pernah disusui oleh Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, isteri
Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam, dan pernah didoakan kebaikan
oleh Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu agar diberi pemahaman
dalam ilmu agama dan dicintai manusia. [18]
Imam
Muhammad bin Sa’ad memuji beliau dengan mengatakan, “Beliau adalah seseorang
yang berilmu (tinggi), menghimpun (berbagai macam ilmu), tinggi (kedudukannya),
sangat terpercaya, sandaran dalam periwayatan hadith, dan ahli ibadah.” [19]
Beliau
termasuk ulama yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir
seratus tahun pertama (hijriyah). [20]
Keempat,
Muhammab bin Sirin (Abu Bakr Al-Anshari Al-Bashri)
Beliau
adalah imam besar dari kalangan tabi’in, syekhul Islam,
sangat wara’(berhati-hati dalam masalah halal-haram), sangat luas
ilmunya lagi sangat terpercaya, dan kukuh dalam meriwayatkan hadith
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau wafat pada tahun
110 H. [21]
Imam Abu
‘Awanah Al-Yasykuri berkata, “Aku melihat Muhammad bin Sirin di pasar. Tidaklah
seorang pun melihat beliau kecuali orang itu akan mengingat Allah.” [22]
Beliau juga
termasuk ulama yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir
seratus tahun pertama (hijriyah). [23]
Kelima, Muhammad bin Muslim bin
Ubaidillah bin Abdillah bin Syihab Az-Zuhri Al-Qurasyi Al-Madani
Beliau
adalah imam besar dari kalangan tabi’in, penghapal hadith yang utama, yang
disepakati kemuliaan dan kecermatan hafalannya. Beliau wafat pada tahun 125 H.
[24]
Imam Umar
bin Abdil Aziz memuji beliau dengan mengatakan, “Tidak tersisa seorang pun (di
zaman ini) yang lebih memahami sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam daripada Az-Zuhri.” [25]
Imam Ayyub
As-Sakhtiyani berkata, “Aku belum pernah melihat (seorang pun) yang lebih
berilmu daripada beliau.” [26]
Beliau juga
termasuk ulama yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir
seratus tahun pertama (hijriyah). [27]
Keenam,
Yahya bin Ma’in (Abu Zakaria Al-Baghdadi)
Beliau
adalah imam besar dari kalangan atba’ut tabi’in (murid para tabi’in), ahli
jarh wa ta’dil (penilaian terhadap para perawi hadith dalam bentuk
pujian atau celaan) yang ternama, penghapal hadith yang utama, dan guru bagi
para ulama ahli hadith. Lahir pada tahun 158 H dan wafat tahun 233 H. [28]
Imam Ahmad
bin Hambal memuji beliau, dengan mengatakan, “Yahya bin Ma’in adalah orang yang
Allah Subhanahu wa Ta’ala ciptakan (khusus) untuk urusan ini
(membela sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), dengan
(jalan) beliau menyingkap kedustaan para pendusta dalam hadith (Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam).” [29]
Beliau juga
termasuk ulama yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir
seratus tahun kedua (hijriyah). [30]
Ketujuh,
Imam An-Nasa’i (Abu Abdir Rahman Ahmad bin Syu’aib bin Ali bin Sinan)
Beliau
adalah imam besar, syekhul Islam, penghapal dan kritikus hadith
kenamaan, serta sangat terpercaya dalam meriwayatkannya. Lahir pada tahun 215 H
dan wafat tahun 303 H. [31]
Imam Abu
Sa’id bin Yunus memuji beliau, dengan mengatakan, “Abu Abdirrahman An-Nasa’i
adalah seorang imam (panutan), penghafal hadith, dan sangat terpercaya dalam
meriwayatkannya.” [32]
Imam Abul
Hasan Ad-Daraquthni berkata, “Abu Abdirrahman An-Nasa’i lebih didahulukan
(dalam pemahaman ilmu hadith) dibandingkan semua ulama hadith di zaman beliau.”
[33]
Beliau juga
termasuk ulama yang dinobatkan sebagai salah seorang ulama pembaharu pada akhir
seratus tahun ketiga (hijriyah). [34]
Catatan
penting:
1.. Banyak imam besar ahlus sunnah yang
terkenal dengan ketinggian ilmu dan pemahaman, serta kuat dalam menegakkan
sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi mereka
tidak dinobatkan oleh para ulama sebagai pembaharu dalam Islam di zamannya.
Padahal, mereka sangat pantas untuk itu, seperti imam Malik bin Anas, Ahmad bin
Hambal, Al-Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan lain-lain. Hal ini disebabkan oleh
masa hidup mereka yang tidak bertepatan dengan waktu yang disebutkan dalam
hadith di atas, dan ini sama sekali tidak mengurangi tingginya kedudukan dan
kemuliaan mereka. [35]
2. Di
antara para imam ahlus sunnah yang dinobatkan oleh sejumlah besar ulama Islam
sebagai pembaharu dalam Islam di abad ke-12 Hijriyah adalah Imam Syeikh
Muhammad bin Abdul Wahhab At-Tamimi (wafat 1206 H) [36]. Dalam hal ini, syeikh
yang mulia, Abdul Aziz bin Baz, berkata, “Di antara para imam (Ahlus sunnah)
yang mendapatkan petunjuk (dari Allah Subhanahu wa Ta’ala)
dan da’i yang mengusahakan perbaikan (umat ini) adalah imam
yang sangat dalam dan luas ilmunya, pembaharu ajaran Islam yang telah
ditinggalkan (manusia) di abad ke-12 Hijriyah, dan penyeru kepada sunnah
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Syekh Muhammad bin
Abdul Wahhab bin Sulaiman bin Ali At-Tamimi Al-Hambali, semoga Allah
memperindah (menerangi) tempat peristirahannya dan memuliakannya di syurga
sebagai tempat menetapnya.” [37]
3. Demikian
pula, yang disebut-sebut para ulama sebagai pembaharu dalam Islam di abad ini,
dua imam ahlus sunnah yang ternama: Syeikh yang mulia, Muhammad Nashiruddin
Al-Albani, dan Syekh yang mulia, Abdul aziz bin Abdullah bin Baz, semoga Allah
merahmati semua ulama ahlus sunnah yang telah wafat dan menjaga mereka yang
masih hidup.
وصلى الله وسلم
وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين
===
Catatan kaki:
Catatan kaki:
[1] HR. Abu
Daud (no. 4291), Al-Hakim (no. 8592), dan Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jamul
Ausath (no. 6527); dinyatakan shahih oleh Imam Al-Hakim, Al-‘Iraqi,
Ibnu Hajar (dinukil dalam kitab ’Aunul Ma’bud: 11/267 dan Syekh
Al-Albani dalamSilsilatul Ahadits Ash-Shahihah, no. 599.
[2] Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/260.
[3] Ibid.
[4] Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/264.
[5] Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 10/46.
[6] Lihat kitab Tahdzibul Kamal: 21/432 dan Tadzkiratul Huffazh: 1/118.
[7] Lihat kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/119.
[8] Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/119.
[9] Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/260.
[10]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 10/46.
[11]Lihat kitab Tahdzibul Kamal: 24/355, Siyaru A’lamin Nubala’: 10/5, danTadzkiratul Huffazh: 1/361.
[12]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 10/46.
[13]Dinukil oleh Imam Al-Mizzi dalam kitab Tahdzibul Kamal: 24/372.
[14]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/260.
[15]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 10/46.
[16]Kitab Taqribut Tahdzib, hlm. 467.
[17]Lihat kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/71 dan Taqribut Tahdzib, hlm. 160.
[18]Dinukil oleh Imam Al-Mizzi dalam kitab Tahdzibul Kamal: 6/104.
[19]Dinukil oleh Imam Al-Mizzi dalam kitab Tahdzibul Kamal: 6/104.
[20]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[21]Lihat kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 4/606, Tadzkiratul Huffazh: 1/77, danTaqribut Tahdzib, hlm. 160.
[22]Kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 4/610. Dalam sebuah hadits shahih Rasululahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wali (kekasih) Allah adalah orang yang jika (manusia) memandangnya maka mereka akan ingat kepada Allah.” lihat Ash-Shahihah, no. 1733.
[23]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[24]Lihat kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/108 dan Taqribut Tahdzib, hlm. 506.
[25]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/109.
[26]Ibid.
[27]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[28]Lihat kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 11/71 dan Taqribut Tahdzib, hlm. 597.
[29]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 11/80.
[30]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[31]Lihat kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 14/125 dan Taqribut Tahdzib, hlm. 80.
[32]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 14/133.
[33]Ibid: 14/131.
[34]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[35]Ibid: 11/263.
[36]Lihat kitab ’Aqidatusy Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab As-Salafiyyah: 1/18.
[37]Ibid: 1/19–20.
[2] Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/260.
[3] Ibid.
[4] Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/264.
[5] Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 10/46.
[6] Lihat kitab Tahdzibul Kamal: 21/432 dan Tadzkiratul Huffazh: 1/118.
[7] Lihat kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/119.
[8] Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/119.
[9] Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/260.
[10]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 10/46.
[11]Lihat kitab Tahdzibul Kamal: 24/355, Siyaru A’lamin Nubala’: 10/5, danTadzkiratul Huffazh: 1/361.
[12]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 10/46.
[13]Dinukil oleh Imam Al-Mizzi dalam kitab Tahdzibul Kamal: 24/372.
[14]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/260.
[15]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 10/46.
[16]Kitab Taqribut Tahdzib, hlm. 467.
[17]Lihat kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/71 dan Taqribut Tahdzib, hlm. 160.
[18]Dinukil oleh Imam Al-Mizzi dalam kitab Tahdzibul Kamal: 6/104.
[19]Dinukil oleh Imam Al-Mizzi dalam kitab Tahdzibul Kamal: 6/104.
[20]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[21]Lihat kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 4/606, Tadzkiratul Huffazh: 1/77, danTaqribut Tahdzib, hlm. 160.
[22]Kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 4/610. Dalam sebuah hadits shahih Rasululahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wali (kekasih) Allah adalah orang yang jika (manusia) memandangnya maka mereka akan ingat kepada Allah.” lihat Ash-Shahihah, no. 1733.
[23]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[24]Lihat kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/108 dan Taqribut Tahdzib, hlm. 506.
[25]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Tadzkiratul Huffazh: 1/109.
[26]Ibid.
[27]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[28]Lihat kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 11/71 dan Taqribut Tahdzib, hlm. 597.
[29]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 11/80.
[30]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[31]Lihat kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 14/125 dan Taqribut Tahdzib, hlm. 80.
[32]Dinukil oleh Imam Adz-Dzahabi dalam kitab Siyaru A’lamin Nubala’: 14/133.
[33]Ibid: 14/131.
[34]Lihat kitab ’Aunul Ma’bud: 11/266.
[35]Ibid: 11/263.
[36]Lihat kitab ’Aqidatusy Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab As-Salafiyyah: 1/18.
[37]Ibid: 1/19–20.
No comments:
Post a Comment